Apa Itu Sejarah? Jawaban Lengkap Ada Disini!

Daftar Isi Buka

Penjelasan Sejarah lengkap

ahlisosial.my.id - Sejarah adalah peristiwa yang telah terjadi di masa lampau. Agar lebih paham mengenai pengertian sejarah, silahkan simak penjelasan berikut ini. Ketika teman mu bercerita tentang peristiwa atau kejadian yang sudah lampau, seperti "Minggu Lalu saya pergi ke Jakarta bersama dengan Abang ku lhoh...", maka teman mu sebenarnya menceritakan sejarahnya sendiri. Cerita itu termasuk ke dalam sejarah pribadi teman mu.

Pengertian sejarah secara umum dapat digambarkan pada definisi sejarah berikut ini:

Sejarah adalah peristiwa yang telah terjadi di masa lampau. Sejarah dapat dikatakan sebagai kejadian yang sudah terjadi. Sejarah merupakan peristiwa-peristiwa masa lalu yang telah diungkapkan kembali baik secara tulisan maupun secara lisan.

Lebih dari itu, banyak sekali para ahli sejarawan juga memberikan pendapatnya mengenai pengertian sejarah, di antaranya Herodotos, Ibnu Khaldun, Sartono Kartodirdjo, dan Moh. Yamin. Para pakar sejarah tersebut baik di dalam negeri maupun para ahli luar negeri.

Adapun ruang lingkup sejarah dapat dibagi menjadi empat yaitu, sejarah sebagai kisah, sejarah sebagai ilmu, sejarah sebagai peristiwa, dan sejarah sebagai seni. Dari masing-masing ruang lingkup sejarah tersebut memiliki pengertian masing-masing juga. Maka jika ingin mengerti tentang ruang lingkup sejarah silahkan simak penjelasannya setelah pembahasan pengertian sejarah.

Pengertian Sejarah

Berikut ini akan dibahas secara tuntas mengenai pengertian sejarah baik pengertian sejarah secara umum maupun pengertian sejarah menurut para ahli.

Pengertian Sejarah Secara Umum

Dalam buku yang berjudul Sejarah SMA/MA untuk kelas X karya Tarunasena menyebutkan, Sejarah merupakan studi tentang manusia sebagai individu maupun kelompok dalam konteks ruang dan waktu. Selain itu banyak sekali pengertian sejarah secara umum yang kami dapatkan dari berbagai sumber, yaitu:

Sejarah Menurut Wikipedia

Pengertian sejarah menurut wikipedia bahasa indonesia adalah suatu kajian tentang masa lampau, khususnya bagaimana kaitannya dengan manusia. Ternyata wikipedia juga turut ambil bagian dalam mendefinisikan sejarah. Pengertian tersebut dapat diambil intinya yaitu, kajian yang membahas tenang masa lampau khususnya yang berkaitan dengan manusia.

Sejarah Menurut KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia sejarah adalah:

1 asal-usul (keturunan) silsilah; 2 kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau; riwayat; tambo: cerita --; 3 pengetahuan atau uraian tentang peristiwa dan kejadian yang benar-benar terjadi dalam masa lampau; ilmu sejarah;

Dari ketiga poin tersebut dapat dipahami bahwa: Pertama, sejarah adalah asal-usul dari sebuah keluarga seperti, silsilah keluarga raja dari keturunan pertama hingga akhir dari keturunan. Kedua, sejarah diartikan sebagai suatu riwayat yaitu kejadian yang benar-benar terjadi di masa lampau, jika tidak benar-benar terjadi berarti disebut fiktif.

Poin terakhir dalam pengertian tersebut berbicara tentang "ilmu sejarah". Maka akan menjadi berbeda ketika sejarah sudah menjadi sebuah ilmu pengetahuan, yaitu pengetahuan tentang peristiwa masa lampau yang harus benar-benar terjadi. Biasanya cara untuk membuktikan bahwa suatu peristiwa benar-benar terjadi menggunakan bukti atau sumber-sumber sejarah.

Sejarah Menurut Ensiklopedi

Definisi sejarah menurut ensiklopedi adalah ilmu yang digunakan untuk mempelajari peristiwa penting masa lalu manusia. Pengetahuan sejarah meliputi pengetahuan akan kejadian-kejadian yang sudah lampau serta pengetahuan akan cara berpikir secara historis.

Pengertian di atas juga merujuk pada definisi ilmu sejarah. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa, ilmu sejarah adalah pengetahuan peristiwa masa lampau yang tersusun secara sistematis dan melalui beberapa penelitian. Contohnya adalah dengan meneliti prasasti peninggalan suatu kerajaan.

Pengertian Sejarah Menurut Bahasa

Secara etimologi, sejarah berasal dari kata bahasa arab yaitu syajaratun atau syajaroh yang yang artinya pohon. Dalam bahasa arab juga terdapat istilah yang intinya sama dengan istilah sejarah yaitu, tarikh. Arti dari tarikh sendiri pada awalnya adalah "ketentuan waktu", dalam perkembangannya, kata tarikh menjadi bermakna "pencatat peristiwa".

Dalam bahasa jawa, kata yang sama dengan istilah sejarah adalah sebagai berikut:

Silsilah, yang merujuk pada keterangan sebuah asal-usul keluarga dari nenek moyang hingga keturunan kebawah. Contoh silsilah adalah sebagai berikut: Riwayat atau hikayat, yang berarti sebuah cerita kehidupan seseorang yang sudah terjadi di masa lampau.

Pengertian sejarah juga terdapat dalam berbagai bahasa, seperti;

  1. Bahasa yunani, sejarah dalam bahasa Yunani disebut istoria yang memiliki arti belajar. Sehingga sejarah dapat diartikan sebagai suatu ilmu pengetahuan yang membahas peristiwa masa lalu dengan mempelajari sumber-sumber sejarah.
  2. Bahasa jerman, sejarah disebut dengan istilah geschichte yang memiliki arti sesuatu yang telah terjadi di masa lampau dalam kehidupan manusia.
  3. Pengertian sejarah dalam Bahasa Belanda, yaitu geschiedenis yang berarti telah terjadi.
  4. Sejarah dalam Bahasa Ingris, yaitu history yang memiliki arti masa lampau.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Berikut ini merupakan pengertian-pengertian sejarah yang telah menjadi pendapat para ahli, baik dari luar negeri maupun dari dalam negeri.

Pengertian sejarah menurut para ahli luar negeri:

Pengertian sejarah menurut Herodotus adalah dapat diartikan sebagai satu kajian untuk menceritakan suatu perputaran jatuh bangunnya seseorang tokoh, masyarakat dan peradaban.

Pengertian sejarah menurut Ibnu Khaldun, sejarah didefinisikan sebagai catatan tentang masyarakat umum manusia atau peradaban manusia yang terjadi pada watak atau sifat masyarakat itu.

Pengertian sejarah menurut Aristoteles adalah merupakan satu sistem yang meneliti suatu kejadian sejak awal tersusun dalam bentuk kronologi. Jadi, sejarah adalah peristiwa-peristiwa masa lalu yang mempunyai catatan, record-record atau bukti yang konkrit.

Pengertian sejarah menurut Edward Hallet Carr, Sejarah adalah suatu proses interaksi serba-terus antara sejarawan dengan fakta sejarah yang ada padanya; suatu dialog tiada henti-hentinya antara masa sekarang dengan masa silam.

Pengertian sejarah menurut Robert V. Daniels, Sejarah ialah kenangan pengalaman umat manusia.

Pengertian sejarah menurut J. Bank, Semua peristiwa masa lampau adalah sejarah (sejarah sebagai kenyataan); sejarah dapat membantu manusia untuk memahami perilaku manusia pada masa yang lampau, masa sekarang, dan masa akan datang.

Pengertian sejarah menurut John Tosh yang mendefinisikan sejarah adalah memori kolektif, sumber pengalaman melalui pengembangan suatu rasa identitas sosial orang-orang dan prospek orang-orang tersebut pada masa yang akan datang.

Pengertian sejarah menurut Beverley Southgate menyatakan sejarah adalah suatu studi masa lampau, suatu studi yang hasilnya secara ideal merupakan suatu penyajian masa lalu sebagaimana adanya.

Pengertian sejarah menurut Thomas Carlyle, memberikan definisi sejarah adalah peristiwa masa lampau yang mempelajari biografi orang-orang terkenal. Mereka, adalah penyelamat pada zamannya. Mereka merupakan orang-orang besar yang pernah dicatat sebagai peletak dasar sejarah.

Pengertian sejarah menurut Leopold Von Ranke, definisi dan pengertian sejarah sangat sederhana yaitu hal-hal yang sungguh-sungguh terjadi.

Pengertian sejarah menurut Roeslan Abdulgani, mengemukakan bahwa sejarah ialah ilmu yang meneliti dan menyelidiki secara sistematis keseluruhan perkembangan masyarakat serta kemanusiaan di masa lampau beserta kejadian-kejadiannya; dengan maksud untuk menilai secara kritis seluruh hasil penelitiannya, untuk dijadikan perbendaharaan-pedoman bagi penilaian dan penentuan keadaan masa sekarang serta arah progres masa depan.

Pengertian sejarah menurut para ahli dalam negeri Indonesia:

Pengertian sejarah menurut Muhammad Yamin sejarah ialah ilmu pengetahuan umum yang berhubungan dengan cerita bertarikh, sebagai hasil penafsiran kejadian-kejadian dalam masyarakat manusia pada waktu yang telah lampau atau tanda-tanda yang lain.

Pengertian sejarah menurut Sartono Kartodirdjo merupakan bentuk penggambaran pengalaman kolektif di masa lalu, dan untuk mengungkapnya dapat melalui aktualisasi dan penetasan pengalaman masa lalu. Menceritakan suatu kejadian adalah cara membuat hadirnya kembali peristiwa tersebut dengan cara pengungkapan verbal.

Pengertian sejarah menurut Moh. Hatta, sejarah dalam wujudnya memberikan pengertian tentang masa lampau. Sejarah bukan sekadar melahirkan kriteria dari kejadian di masa lalu sebagai masalah. Sejarah tidak sekedar kejadian masa lampau, tetapi pemahaman masa lampau yang didalamnya mengandung berbagai dinamika, mungkin berisi problematik pelajaran bagi manusia berikutnya.

Pengertian sejarah menurut Nugroho Notosusanto: Pengertian sejarah menurut Nugroho Notosusanto bahwa sejarah adalah peristiwa-peristiwa yang menyangkut manusia sebagai makhluk bermasyarakat yang erjadi di masa lampau.

Pengertian sejarah menurut Taufik Abdullah: Pengertian sejarah menurut Taufik Abdullah adalah tindakan manusia dalam jangka waktu tertentu di masa lampau yang dilakukan di tempat tertentu.

Pengertian sejarah menurut Drs. Sidi Gazalba adalah masa lalu manusia dan seputarnya yang disusun secara ilmiah dan lengkap meliputi urutan fakta masa tersebut dengan tafsiran dan penjelasan yang memberi pengertian dan pemahaman tentang apa yang berlaku.

Pengertian sejarah menurut Moh. Ali bahwa sejarah merupakan keseluruhan perubahan, dan kejadian-kejadian yang benar-benar telah terjadi. Sejarah adalah ilmu yang menyelidiki perubahan-perubahan yang benar-benar terjadi di masa lampau.

Pengertian sejarah menurut Rochiati Wiriatmadja bahwa sejarah adalah disiplin ilmu yang menjanjikan etika, moral, kebijaksanaan, nilai-ilai spritual, dan kultural karena kajiannya yang bersifat memberikan pedoman kepada keseimbangan hidup, harmoni dalam nilai-nilai, keteladanan dalam keberhasilan dan kegagalan, dan cerminan pengalaman kolektif yang menjadi kompas untuk kehidupan masa depan.

Pengertian sejarah menurut Ismaun adalah suatu ilmu pengetahuan tentang kisah mengenai peristiwa-peristiwa yang benar-benar telah terjadi atau berlangsung dalam segala aspeknya di masa lampau. Sejarah merupakan catatan atau rekaman pilihan yang disusun secara teliti tentang segala aspek kehidupan umat manusia di masa lampau.

Dalam hal ini R. Moh. Ali menyimpulkan definisi sejarah sebagai berikut.

  1. Sejarah yaitu ilmu yang menyelidiki perkembangan peristiwa dan kejadiankejadian di masa lampau.
  2. Sejarah yaitu kejadian-kejadian, peristiwa-peristiwa yang berhubungan dengan manusia, yakni menyangkut perubahan yang nyata di dalam kehidupan manusia.
  3. Sejarah yaitu cerita yang tersusun secara sistematis (teratur dan rapi).

Dari definisi Moh. Ali ini dapat dipahami bahwa sejarah menyangkut seluruh perubahan dan perkembangan kehidupan manusia. Dengan demikian jelas juga bahwa yang mempunyai sejarah hanyalah manusia.

Copyright © 2022

Ahli Sosial