Manfaat Belajar Sejarah Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Daftar Isi Buka

Manfaat Belajar Sejarah Secara Umum dan Para Ahli

ahlisosial.my.id - Banyak sekali manfaat belajar sejarah, di antaranya adalah sebagai edukatif, inspiratif, rekreatif, dan sebagai intruktif. Para ahli juga tidak mau kalah untuk memberikan pendapat mengenai manfaat belajar sejarah.

Manfaat sejarah ini akan terangkum dalam dua judul pokok. Pertama, manfaat belajar sejarah secara umum dan yang kedua adalah manfaat sejarah menurut para ahli. Untuk yang pertama mari kita mulai dengan manfaat mempelajari sejarah secara umum.

Manfaat Belajar Sejarah

Sebelum masuk kepembahasan alangkah baiknya jika kita mengetahui penertian sejarah secara umum. Sejarah merupakan kisah atau peristiwa nyata yang terjadi di masa lampau. Dan dalam mempelajari sejarah, tentu besar sekali manfaat yang dapat kita ambil. Karena, sejarah bukanlah semata-mata pelajaran yang hanya dipelajari saja tanpa adanya manfaat yang terkandung di dalam sejarah itu sendiri. Inilah beberapa manfaat belajar sejarah secara umum:

1. Sejarah Sebagai Edukatif/Pembelajaran

Belajar sejarah merupakan keadaan dimana kita dituntut untuk menyelami keadaan masa lampau. Banyak sekali kejadian yang dapat diambil pelajaran dari sejarah-sejarah yang kita pelajari. Contoh, ketika kita pernah mempelajari sejarah Indonesia tentang masa-masa kerajaan yang ada di Indonesia.

Pada masa kerajaan, tidak sedikit kejadian yang menceritakan tentang peperangan yang telah memakan korban yang cukup banyak dari kedua belah pihak yang berperang. Kesedihan pun terjadi pada keluarga yang menjadi korban. Dari sejarah peperangan antar kerajaan ini, kita dapat mengambil pelajaran bahwa "Peperangan bukanlah solusi yang terbaik untuk menyelesaikan masalah". Maka dari itu, jangan sampai negara kita Indonesia berperang dengan negara lain, apalagi perang antar saudara.

Dari sini, kita dapat mengambil kesimpulan, bahwa manfaat mempelajari sejarah adalah sebagai pembelajaran kita untuk dapat mengambil makna bijak yang terkandung dari sejarah itu sendiri. Ada istilah "belajarlah dari sejarah", sebenarnya istilah ini tidak jauh berbeda dengan istilah "belajarlah dari pengalaman". Karena pengalaman yang kita alami merupakan bagian peristiwa yang sudah terjadi di masa lampau.

Dari sini, mari kita bersama-sama pelajari pengalaman kita. Pernahkah kita menjadi orang yang pemalas?Atau pernahkah kita mendengar orang yang pemalas?

Tentu dari salah satu pertanyaan diatas kita pernah mengalami atau mendengar bahwa orang yang pemalas tidak akan pernah meraih kesuksesan. Karena kita sudah mengalami atau mendengar bahwa pemalas merupakan penghalang dari kesuksesan, kita jangan sampai menjadi orang yang pemalas. Jika kita merupakan orang yang mendambakan kesuksesan. Jangan sampai kita menjadi orang yang malas.

2. Sejarah Sebagai Inspiratif

Seperti yang kita ketahui bahwa inspiratif adalah segala sesuatu yang memberikan inspirasi atau segala sesuatu yang memberikan dorongan untuk melakukan sesuatu. Dari pengertian inspiratif ini, kita bisa memberikan gambaran bahwa, manfaat sejarah sebagai inspiratif adalah peristiwa masa lampau yang dapat memberikan kita inspirasi atau kisah masa lalu yang memberikan dorongan untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat.

Sebagaimana kisah orang-orang sukses terdahulu yang memberikan dorongan kepada kita untuk meniru jejak langkahnya. Kita juga tidak asing lagi terhadap istilah "kisah inspiratif", dalam kisah inspiratif ini juga memberikan dorongan semangat untuk mengerjakan sesuatu yang bermanfaat.

Banyak sekali kisah-kisah yang memberikan inspirasi kepada kita. Contoh, kisah sukses seorang Gajah Mada yang telah memberikan inspirasi untuk selalu menjaga persatuan negara. Kisah Gajah Mada yang telah menjadi seorang patih pada kerajaan yang bernama Majapahit. Dia (Gajah Mada) mengabdikan jiwa raganya untuk sesejahteraan negri Majapahit. Bahkan Gajah Mada ini pernah mengucapkan sumpah palapa yang berbunyi "tidak akan pernah beristirahat sebelum dapat menyatukan nusantara". Itulah sumpah Gajah Mada, yang mununjukan bahwa cita-citanya sangat tinggi kemudian dia berhasil menyatukan Nusantara dibawah kekuasaan majapahit.

3. Sejarah Sebagai Rekreatif

Yang selanjutnya adalah manfaat sejarah sebagai rekreatif. Apakah Anda pernah melakukan rekreasi? lalu apa kegunaan rekreasi tersebut?

Tentu kegunaan rekreasi ini memberikan hiburan yang menyenangkan. Lalu apa hubunganya dengan sejarah? Nah, dari sini kita bisa mempelajari sejarah sebagai rekreasi yang dapat memberikan menghibur kepada kita sebagai pendengarnya. Kita mempelajari kisah-kisah jaman dahulu sehingga kita merasa senang mendengarkan kisah-kisah itu.

Kita pun bisa menghibur diri kita dengan mengunjungi museum-museum bersejarah atau mengunjungi tempat-tempat bersejarah seperti, candi Borobudur, keraton yang masih berdiri kokoh seperti keraton Jogja dan lain-lain. Dari mempelajari sejarah dengan mengunjungi benda-benda bersejarah itu kita selain dapat mempelajari sejarah, kita juga bisa berekreasi yang membuat kita menjadi senang. Jadi pada intinya, kita dalam mempelajari sejarah selain mendapatkan ilmu tentang sejarah, kita juga mendapat manfaat untuk menghibur diri kita.

4. Sejarah Sebagai Intruktif

Untuk manfaat sejarah yang memiliki manfaat intruktif ini lebih kepada pengajaran yang bersifat kognitif atau ketrampilan. karena intruktif ini bisa diartikan sebagai pengajaran atau arahan. Jika kita pernah mendengar kata "instruksi" tentu secara harfiah kata itu berarti perintah, arahan atau pengajaran. Untuk itu keterkaitan sejarah terhadap manfaat sebagai intruktif ini lebih kepada pengajaran itu sendiri. Sejarah sebagai intruktif dapat memberikan manfaat kepada kita untuk memperoleh pengetahuan yang luas melalui pengajaran atau arahan yang terkandung di dalamnya.

Ditinjau dari segi kognitif, kita mendapat ilmu pengetahuan dan jika ditinjau dari segi ketrampilan, sejarah memberikan kita suatu ketrampilan yang dapat kita gunakan sebagai bekal kita dalam menyelesaikan suatu masalah. Contoh, bermula dari kisah masa lalu kita atau seseorang yang pernah melakukan sesuatu dengan tidak hati-hati atau ceroboh. Pengendara sepeda motor yang ceroboh dan tidak hati-hati akan mengalami kecelakaan sehingga menimbulkan bahaya bagi dirinya sendiri. Dari kisah itu kita mendapat ketrampilan mengendarai motor harus dengan hati-hati dan menjadi sebuah arahan atau perintah agar tidak ceroboh dalam mengendarai sepeda motor.

Manfaat Sejarah Menurut Para Ahli

Dalam pembelajaran sejarah ini, ada beberapa orang yang terkemuka dalam memberikan konstribusi terhadap manfaat dari sejarah itu sendiri. Karena mempelajari sejarah sangatlah penting, sehingga banyak para ahli ikut andil dalam memberikan pendapatnya terkait manfaat sejarah itu sendiri. Berikut adalah manfaat sejarah menurut para ahli:

1. Manfaat Sejarah Menurut C.P. Hills

C. P. Hills memberikan pendapatnya bahwa, sejarah mempunyai manfaat kepada kita. Dan manfaat itu adalah sebagai berikut:

  1. Dapat memberikan kepuasan terhadap kita yang ingin mengetahui kisah seseorang. Seperti para pahlawan yang telah membangkitkan rasa nasionalisme atau seorang tokoh yang dapat membuat kita menjadi terinspirasi.
  2. Sejarah dapat memberikan manfaat terhadap kita dengan memberikan warisan budaya kepada kita. Seperti seni tari, pakaian adat dan rumah-rumah adat.
  3. Sejarah mempunyai manfaat untuk membangun rasa cinta tanah air, tanah air Indonesia. Atau bisa disebut juga dengan rasa nasionalisme.

2. Manfaat Sejarah Menurut Herodotus

Herodotus memberikan pendapat bahwa, sejarah memiliki manfaat untuk menceritakan suatu perputaran jatuh bangunya seorang tokoh, masyarakat dan peradaban.

3. Manfaat Sejarah Menurut Nugroho Notosusanto

  1. Sejarah bermanfaat untuk memberikan pembelajaran kepada kita tentang keberhasilan atau kesuksesan pada masa lampau (edukatif).
  2. Sejarah bermanfaat untuk memberikan gagasan, inspirasi atau ide yang berguna untuk kemajuan di masa sekarang (inspiratif).
  3. Sejarah bermanfaat untuk memberikah arahan kepada kita melalui pesan-pesan yang terkandung di dalam peristiwa sejarah (intruktif).
  4. Sejarah dapat memberikan manfaat berupa kesenangan (rekreatif).

4. Manfaat Sejarah Menurut Kartodirdjo

  1. Bermanfaat untuk membangkitkan perhatian terhadap suatu komunitas. Ini hampir sama dengan membangkitkan rasa nasionalisme, akan tetapi komunitas ini lingkupnya lebih kecil dari nasionalisme.
  2. Bermanfaat untuk memberikan inspirasi atau gagasan yang dapat digunakan untuk menuju kehidupan yang lebih baik.
  3. Untuk melatih kebiasaan berfikir kontekstual.
  4. Bermanfaat sebagai benteng agar tidak mudah terjebak oleh opini.
  5. Membangkitkan rasa hormat dan memperjuangkan nilai-nilai kemanusiaan.

Itulah beberapa pengetahuan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan kita dapat mengambil manfaat dari mempelajari sejarah.

Copyright © 2022

Ahli Sosial