Pengertian Sejarah: Secara Umum, Bahasa, dan Menurut Para Ahli

Pengertian Sejarah: Secara Umum, Bahasa, dan Menurut Para Ahli

Pengertian Sejarah Secara Umum Bahasa dan Para Ahli

ahlisosial.my.id - Pengertian sejarah secara umum adalah peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau. Kejadian masa lalu yang penuh dengan peristiwa penting harus dikenang, bila perlu diabadikan dalam sebuah dokumen, baik dalam bentuk gambar, tulisan, atau video, karena semua itu akan menjadi bukti bahwa sebuah kejadian atau peristiwa benar-benar terjadi.

Dalam penelitian sejarah sangat memerlukan sumber sejarah, karena dapat dijadikan sebagai rujukan, dasar, dan bukti bahwa suatu peristiwa masa lampau yang diceritakan memang benar-benar terjadi dan bukan hoaks. Seperti naskah proklamasi yang berada di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta Pusat, adalah bukti bahwa sejarah kemerdekaan Indonesia memang benar-benar telah terjadi.

Ahli sejarah menyebutkan bahwa definisi sejarah dapat diartikan sebagai salah satu cabang ilmu yang membahas secara sistematis tentang seluruh perubahan, perkembangan, dan dinamika kehidupan masyarakat yang telah terjadi pada masa lampau. Pembahasan dan kajian sejarah harus secara sistematis dan kaidah-kaidah metode penelitian sejarah yang telah berlaku.

Pengertian Sejarah Secara Umum

Pengertian sejarah secara terminologi adalah suatu peristiwa atau kejadian yang benar-benar terjadi di masa lalu berdasarkan sumber atau peninggalan-peninggalan masa lampau. Suatu sejarah dapat dikatakan benar (bukan hoaks) karena ada bukti yang menunjukkan kebenarannya.

Banyak sekali sejarah yang masih menjadi misteri dan kontroversi, dikarenakan belum adanya bukti yang cukup kuat untuk membenarkannya. Berbagai teori dan argumentasi yang dipaparkan oleh para pakar sejarawan kadang, bahkan sering berbeda-beda. Walaupun para ahli sejarawan mengemukakan sebuah teori dan argumen berdasarkan masing-masing sumber sejarah, namun jika suatu sejarah masih sepenggal-sepenggal informasi yang didapat dari peninggalan masa lalu, maka bisa saja benar dan bisa saja salah.

Dengan demikian, pengertian sejarah adalah kejadian atau peristiwa masa lalu yang dikaji secara sistematis berdasarkan bukti sejarah (peninggalan-peninggalan masa lampau seperti candi atau prasasti).

Pengertian Sejarah Secara Bahasa

Secara bahasa, kata sejarah berasal dari bahasa arab yaitu syajaratun berarti "pohon kayu". Mengapa sejarah di ibaratkan seperti pohon kayu? Karena pohon kayu berasal dari benih, kemudian akan tumbuh sampai memiliki cabang-cabang yang banyak dan saling berhubungan. Begitu pula dengan sejarah, ia akan berkembang secara dinamis dari waktu ke waktu dan memiliki hubungan antara satu dengan yang lainnya.

Misalnya, seseorang yang baru lahir di ibaratkan benih dari sejarah. Orang yang lahir lama-lama akan tumbuh menjadi besar dan dewasa, dengan berjalannya waktu, orang tersebut akan membuat sejarahnya dengan sendirinya. Orang-orang yang berpengaruh atau orang yang berprestasi biasanya akan membawa perubahan besar. Oleh karenanya, ketika seseorang mengalami hal yang luar biasa dan berpengaruh di masyarakat akan membawa perubahan yang akan menjadi sejarah.

Jadi, sejarah secara terminologi adalah arti kata sejarah yang berasal dari bahasa Arab (syajaratun) adalah pohon kayu. Untuk mendalami dan lebih memahami arti kata sejarah kami merekomendasikan untuk membaca Pengertian dan Asal-Usul Kata Sejarah.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Orang-orang yang telah mendalami ilmu sejarah serta mengembangkan dan menemukan teori-teori baru akan disebut dengan Pakar Sejarawan. Di samping itu, ada juga yang menyebutnya Ahli Sejarah. Banyaknya Para Pakar Sejarah membuat ilmu sejarah menjadi berkembang, sehingga ilmu di bidang sejarah tidak akan habisnya.

Para Ahli Sejarah, telah memberikan pendapat yang berbeda-beda mengenai pengertian sejarah. Kendati demikian, inti dari masing-masing pengertian sama saja, hanya bahasa mereka yang membedakannya. Berikut ini beberapa pendapat pengertian sejarah menurut para ahli:

1. Sejarah Menurut Ibnu Khaldun

Pengertian sejarah menurut Ibnu Khaldun adalah sebagai catatan tentang masyarakat umum manusia atau peradaban manusia yang terjadi pada watak/sifat masyarakat itu.

2. Sejarah Menurut J. V. Bryce

Definisi sejarah menurut J. V. Bryce adalah sebuah catatan dari apa yang telah dipikirkan, dikatakan, dan diperbuat oleh manusia.

3. Sejarah Menurut Leopold Von Ranke

Menurut Leopald Von Ranke, definisi dan pengertian sejarah sangat sederhana yaitu hal-hal yang sungguh-sungguh terjadi.

4. Sejarah Menurut Aristoteles

Pengertian sejarah menurut Aristoteles merupakan satu sistem yang meneliti suatu kejadian sejak awal tersusun dalam bentuk kronologi. Sejarah adalah peristiwa-peristiwa masa lalu yang mempunyai catatan, record-record atau bukti-bukti yang konkrit.

5. Sejarah Menurut J. Bank

Sejarah adalah semua kejadian/peristiwa masa lampau. Sejarah dapat membantu para siswa untuk memahami perilaku manusia pada masa yang lampau, masa sekarang dan masa yang akan datang. Semua kejadian yang dimaksud dalam pendapat tersebut adalah kejadian atau peristiwa yang berkaitan dengan manusia. Dalam kejadian atau peristiwa tersebut terdapat bagaimana manusia berperilaku.

6. Sejarah Menurut Thomas Carlyle

Pengertian sejarah menurut Thomas Carlyle merupakan sebuah peristiwa pada masa lampau yang mempelajari tentang biografi orang terkenal. Mereka merupakan seorang penyelamat pada zamannya. Mereka juga merupakan orang yang besar yang dicatat sebagai peletak dasar sejarah tersebut.

7. Sejarah Menurut R. G. Collingwood

Pengertian sejarah menurut R. G. Collingwood adalah sebuah bentuk penyelidikan tentang hal-hal yang telah dilakukan oleh manusia pada masa lampau.

8. Sejarah Menurut Herodotus

Pengertian sejarah menurut Herodotus yang dijuluki sebagai The Father of History adalah sejarah dapat diartikan sebagai satu kajian untuk menceritakan suatu perputaran jatuh bangunnya seseorang tokoh, masyarakat dan peradaban.

9. Sejarah Menurut Wiliam H. Frederick

Menurut William H. Frederick, kata sejarah berasal dari bahasa Arab ‘syajaratun’ yang berarti pohon atau keturunan atau asal-usul. Dalam Bahasa Indonesia menjadi ‘sejarah’. Menurut kata syajarah atau sejarah berarti gambaran silsilah atau keturunan.

10. Sejarah Menurut Edward Hallet Carr

Sejarah menurut Edward Hallet Carr adalah dialog yang tak pernah selesai antara masa sekarang dan masa lampau, suatu proses interaksi yang berkesinambungan antara sejarawan dan fakta-fakta yang dimilikinya.

11. Sejarah Menurut Karl Popper

Ilmu sejarah menurut Karl Popper adalah ilmu pengetahuan yang tertarik pada peristiwa-peristiwa spesifik dan penjelasannya. Sejarah sering dideskripsikan sebagai peristiwa-peristiwa masa lalu sebagaimana peristiwa itu benar-benar terjadi secara aktual.

12. Sejarah Menurut Rober V. Daniels

Menurut Robert V. Daniels, pengertian sejarah adalah kenangan dari tumpuan masa silam. Sejarah dimaksud dalam definisi sejarah manusia sebagai pelaku sejarah. Kemampuan yang dimiliki oleh manusia adalah kemampuan untuk menangkap kejadian-kejadian yang ada di sekelilingnya. Hasil tangkapan tersebut menjadi ingatan atau memori dalam dirinya yang akan menjadi sumber sejarah.

13. Sejarah Menurut John Tosh

Definisi sejarah menurut John Tosh adalah memori kolektif, sumber pengalaman melalui pengembangan suatu rasa identitas sosial orang-orang dan prospek orang-orang tersebut di masa yang akan datang.

14. Sejarah Menurut Beverley Southgate

Arti sejarah menurut Beverley Southgate adalah suatu studi tentang masa lampau dimana suatu studi yang hasilnya secara ideal merupakan suatu penyajian masa lalu sebagaimana adanya. Hasil pembelajaran ini dapat juga bermanfaat sebagai pelajaran moral bagi manusia.

15. Sejarah Menurut Ismaun

Arti sejarah menurut Ismaun adalah suatu ilmu pengetahuan tentang kisah mengenai peristiwa-peristiwa yang benar-benar telah terjadi atau berlangsung dalam segala aspeknya di masa lampau. Sejarah merupakan catatan atau rekaman pilihan yang disusun secara teliti tentang segala aspek kehidupan umat manusia di masa lampau.

16. Sejarah Menurut W. J. S. Poerwadarminta

Pengertian sejarah menurut W. J. S. Poerwadarminta dibahas dalam buku berjudul Kamus Umum Bahasa Indonesia, dimana arti sejarah dapat diartikan sebagai :

1 asal-usul (keturunan) silsilah; 2 kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau; riwayat; tambo: cerita --; 3 pengetahuan atau uraian tentang peristiwa dan kejadian yang benar-benar terjadi dalam masa lampau; ilmu sejarah;

17. Sejarah Menurut Drs. Sidi Gazalba

Definisi sejarah menurut Drs. Sidi Gazalba adalah masa lalu manusia dan seputarnya yang disusun secara ilmiah dan lengkap meliputi urutan fakta masa tersebut dengan tafsiran dan penjelasan yang memberi pengertian dan pemahaman tentang apa yang berlaku.

18. Sejarah Menurut Moh. Hatta

Pengertian sejarah menurut Moh. Hatta adalah dalam wujudnya tentang masa lampau. Sejarah bukan sekadar melahirkan kriteria dari kejadian di masa lalu, tetapi pemahaman masa lampau yang mengandung berbagai dinamika, mungkin berisi problematik pelajaran bagi manusia berikutnya.

19. Sejarah Menurut Moh. Ali

Pengertian sejarah menurut Moh. Ali adalah sejarah merupakan keseluruhan perubahan dan kejadian-kejadian yang benar-benar telah terjadi. Sejarah adalah ilmu yang menyelidiki perubahan-perubahan yang benar-benar terjadi di masa lampau.

20. Sejarah Menurut Muhammad Yamin

Pengertian sejarah menurut Muhammad Yamin adalah ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan bahan kenyataan.

21. Sejarah Menurut Kuntowijoyo

Pengertian sejarah menurut Kuntowijoyo adalah hal-hal yang menyuguhkan fakta secara diakronis, ideografis, unik, dan empiris.

  1. Sejarah bersifat diakronis karena berhubungan dengan waktu.
  2. Sejarah bersifat ideografis karena sejarah menggambarkan dan menceritakan sesuatu.
  3. Sejarah bersifat unik karena berisi hasil penelitian tentang hal unik.
  4. Sejarah bersifat empiris artinya sejarah bersandar pada pengalaman manusia yang sungguh-sungguh.

22. Sejarah Menurut Nugroho Notosusanto

Menurut Nugroho Notosusanto, pengertian sejarah adalah peristiwa-peristiwa yang menyangkut manusia sebagai makhluk bermasyarakat yang terjadi di masa lampau.

23. Sejarah Menurut Rochiati Wiriatmaja

Pengertian sejarah menurut Rochiati Wiriatmadja bahwa sejarah adalah disiplin ilmu yang menjanjikan etika, moral, kebijaksanaan, nilai-nilai spritual dan kultural karena kajiannya yang bersifat memberikan pedoman kepada keseimbangan hidup, harmoni dalam nilai-nilai, keteladanan dalam keberhasilan dan kegagalan dan cerminan pengalaman kolektif yang menjadi kompas untuk kehidupan masa depan.

24. Sejarah Menurut Nugroho Notosusanto

Menurut Nugroho Notosusanto, pengertian sejarah adalah peristiwa-peristiwa yang menyangkut manusia sebagai makhluk bermasyarakat yang terjadi di masa lampau.

25. Sejarah Menurut Taufik Abdullah

Pengertian sejarah menurut Taufik Abdullah adalah tindakan manusia dalam jangka waktu tertentu di masa lampau yang dilakukan di tempat tertentu.

26. Sejarah Menurut Sartono Kartodirdjo

Pengertian sejarah menurut Sartono Kartodirdjo merupakan bentuk penggambaran pengalaman kolektif di masa lalu, dan untuk mengungkapnya dapat melalui aktualisasi dan penetasan pengalaman masa lalu. Menceritakan suatu kejadian adalah cara membuat hadirnya kembali peristiwa tersebut dengan cara pengungkapan verbal.

Kesimpulan

Arti kata sejarah adalah syajaratun yang berarti pohon kayu. Pengertian sejarah secara umum adalah kejadian atau peristiwa yang telah terjadi pada masa lampau berdasarkan bukti-bukti sejarah. Sedangkan pengertian sejarah menurut para ahli sendiri terdapat perbedaan, bahkan sepertinya mereka berbeda-beda dalam mendefinisikan sejarah, namun secara umum tidak lepas dari masa lampau yang terjadi pada masyarakat.