Pengertian Sejarah Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian Sejarah Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian Sejarah Menurut Ahli

ahlisosial.my.id - Jika kita bercerita tentang sesuatu yang terjadi atau bercerita tentang kehidupan kita yang telah lampau, itu berarti kita telah berbicara tentang sejarah kita. Jika kita berbicara tentang pahlawan kemerdekaan Indonesia, itu berarti kita berbicara tentang sejarah nasional Indonesia. Dari sini bisa kita pahami bahwa sejarah adalah peristiwa yang sudah terjadi di masa lampau. Namun, sejarah dapat pula meliputi waktu masa lampau, masa sekarang, dan juga masa yang akan datang.

Pertama, peristiwa masa lampau sudah pasti menjadi sejarah, karena peristiwa tersebut sudah terlewati. Kedua, masa sekarang yang akan terlewati tentunya juga akan menjadi sejarah juga. Selanjutnya, masa yang akan datang juga akan menjadi sejarah ketika kita sudah melaluinya. Maka dari itu, sejarah bukan hanya masa yang sudah lampau, tetapi juga meliputi masa sekarang dan masa yang akan datang juga.

Manfaat Belajar Sejarah

Pertama, banyak sekali manfaat belajar sejarah disertai pelajaran dan hikmah yang terkandung di dalam sejarah yang dapat kita ambil. Contoh, jika kita belajar sejarah mengenai hancurnya Kerajaan Majapahit, maka pelajaran yang dapat kita ambil adalah penyebab hancurnya kerajaan yang begitu besar di zamannya.

Lalu apa penyebabnya? Penyebabnya adalah karena banyak dikalangan pejabat berebut kekuasaan, bahkan tahta raja kerajaan Majapahit pun menjadi rebutan para pewarisnya. Sehingga kerajaan menjadi runyam dan akhirnya runtuh. Pelajaran atau hikmah yang dapat diambil adalah, jika dalam suatu keluarga banyak yang berebut wariwan, maka keluarga tersebut bisa hancur.

Kedua, ingat bahwa runtuhnya kerajaan rebutan karena tahta. Lalu apakah suatu negara bisa makmur, jika banyak di antara pejabat rebutan kedudukan dalam kepemerintahan?. Tentu hal ini banyak negatifnya dari pada positifnya, karena tahta menjadi rebutan, padahal menjadi pejabat negara itu tidak mudah.

Jika para pejabat disibukkan dengan rebutan tahta, maka bisa saja suatu negara akan runtuh. Nah, pelajaran yang dapat diambil dari belajar sejarah berarti runtuhnya suatu negara dapat pula disebabkan oleh berebut tahta. Dan masih banyak lagi, hikmah dari belajar sejarah.

Pengertian Sejarah

Banyak sekali pengertian sejarah yang dapat kamu ketahui. Baik itu sejarah secara umum, maupun pengertian menurut Para Ahli. Hal ini disebabkan banyaknya para pakar ahli dalam menyampaikan pengertian sejarah dengan bahasa yang berbeda. Dan yang lebih utama, sejarah sangatlah penting, sehingga banyak Ahli Sejarah yang muncul.

A. Pengertian Sejarah Secara Umum

Secara umum, pengertian sejarah adalah peristiwa yang benar-benar terjadi di masa lalu berdasarkan sumber-sumber sejarah. Terdapat dua macam pengertian sejarah yaitu, secara etimologi atau secara bahasa dan pengertian sejarah secara istilah atau disebut juga pengertian sejarah secara terminologi.

B. Sejarah Secara Bahasa

Secara bahasa, kata sejarah berasal dari bahasa Arab syajarah (syajaratun) artinya pohon. Alasannya adalah karena ketika kita membaca silsilah raja-raja pada jaman dahulu akan tampak seperti pohon.

Pengertian Sejarah Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Dalam bahasa inggris sejarah disebut dengan history atau perjalanan. Artinya adalah masa lampau atau perjalanan masa lampau. Dalam bahasa Yunani sejarah sejarah disebut dengan istoria, yang berarti belajar. Jadi, pengertian sejarah jika diambil dari bahasa Yunani adalah ilmu yang mempelajari tentang segala peristiwa atau kejadian yang telah berlalu dalam kehidupan manusia.

Selain itu ada beberapa istilah yang sama atau semakna dengan kata sejarah. Berikut ini adalah beberapa istilah yang sama dengan kata sejarah:

1. Silsilah

Silsilah ini adalah sesuatu yang menggambarkan susunan keluarga dari anak, cucu sampai kebawah dan dari ayah, kakek dan nenek sampai keatas. Semua anggota keluarga yang sedarah tercatat di dalamnya.

2. Riwayat atau hikayat

Ketika ada seseorang yang menceritakan kehidupan masa lalunya, berari dia sedang bercerita tentang riwayat hidupnya. Ketika ada seseorang bercerita tentang seorang raja yang hidup di jaman dahulu, berarti dia sedang bercerita tentang riwayat hidup seorang raja yang hidup pada jaman dahulu. Dari uraian di atas bisa dipahami bahwa riwayat adalah cerita kehidupan seseorang yang sudah terjadi di masa lampau.

3. Kisah

Dalam kamus bahasa Indonesia disebutkan bahwa kisah adalah cerita tentang kejadian (riwayat dan sebagainya) dalam kehidupan seseorang dan sebagainya. Dari pengertian di atas dapat dipahami bahwa kisah adalah peristiwa masa lalu seseorang yang diceritakan kembali berdasarkan ingatan.

Berarti istilah riwayat dan kisah mempunyai inti yang sama yaitu, menceritakan kehidupan seseorang di masa lampau. Ada juga yang mengatakan kisah adalah: kejadian masa lalu yang diungkapkan kembali berdasarkan penafsiran dan interpretasi yang dapat dipertanggungjawabkan.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, kisah adalah cerita tentang kehidupan seseorang yang sudah lampau berdasarkan penafsisan dan interpretasi (pendapat) yang dapat dipertanggujawabkan.

4. Tarikh

Kata tarikh sebenarnya adalah bahasa arab yang artinya ketentuan waktu. Adapun pengertian tarikh adalah ilmu yang menggali peristiwa-peristiwa masa lampau agar tidak dilupakan. Ilmu tarikh sepadan dengan pengertian ilmu sejarah pada umumnya.

Awalnya, tarikh bermakna penetapan bulan kemudian meluas menjadi kalender dalam pengertian umum. Dalam perkembangan selanjutnya, tarikh bermakna pencatatan peristiwa. Semakin maju, ilmu tarikh menjadi lebih luas dan beragam sesuai dengan perkembangan teknologi pencatatan itu sendiri.

Itulah beberapa kata atau istilah yang satu makna dengan kata sejarah.

A. Pengertian Sejarah Secara Umum

Secara umum sejarah adalah peristiwa atau kejadian-kejadian yang telah terjadi di masa lampau berdasarkan bukti-bukti sejarah dari berbagai peristiwa. Bukti-bukti sejarah merupakan sumber-sumber sejarah yang dapat membuktikan bahwa peristiwa di masa lampau itu benar ada.

Pengertian sejarah dapat dikelompokkan menjadi dua macam.

Pertama, pengertian sejarah dalam arti sempit yaitu, sejarah adalah sebagai peristiwa atau kejadian.

Kedua, pengertian sejarah dalam arti luas. Pengertian sejarah dalam arti luas adalah suatu kejadian yang dialami manusia yang memiliki akar dalam realisasi diri dengan ketidak terikatan (kebebasan) dan keputusan daya yang dimiliki rohani.

Untuk menambah pengetahuan mari kita simak beberapa pengertian sejarah di bawah ini.

a. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

1 asal-usul (keturunan) silsilah; 2 kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau; riwayat; tambo: cerita --; 3 pengetahuan atau uraian tentang peristiwa dan kejadian yang benar-benar terjadi dalam masa lampau; ilmu sejarah;

b. Menurut Wikipedia Bahasa Indonesia

Definisi sejarah menurut Wikipedia adalah suatu kajian tentang masa lampau, khususnya bagaimana kaitannya dengan manusia.

c. Menurut Ensiklopedi

Menurut Ensiklopedi sejarah adalah ilmu yang digunakan untuk mempelajari peristiwa penting masa lalu manusia. Pengetahuan sejarah meliputi pengetahuan akan kejadian-kejadian yang sudah lampau serta pengetahuan akan cara berpikir secara historis.

B. Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Banyak para Pakar Ahli Sejarah yang mendefinisikan pengertian sejarah. Baik Sejarawan dalam negeri maupun sejarawan luar negeri. Berikut ini adalah beberapa pengertian sejarah menurut para pakar ahli sejarah.

1. Ibnu Khaldun

Menurut Ibnu Khaldun, pengertian dari sejarah adalah sebagai catatan terkait dengan masyarakat umat manusia atau peradaban dunia. Yaitu tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada watak masyarakat tersebut.

2. Roeslan Abdulgani

Abdulgani berpendapat, sejarah adalah ilmu yang meneliti sekaligus menyelidiki keseluruhan perkembangan yang terjadi di masyarakat serta kemanusiaan di masa yang telah lampau beserta kejadian-kejadianya secara sistematis yaitu, untuk menilai secara kritis dari seluruh hasil penelitian untuk dijadikan pedoman bagi penilaian dan penentu keadaan di masa sekarang serta mengarah pada masa yang akan datang atau masa depan.

3. Petrick Gardiner

Menurut Gardiner, pengertian sejarah adalah ilmu yang mempelajari tentang apa yang telah diperbuat atau dilakukan oleh manusia. Dalam pengertian tersebut terdapat kata "telah". Hal ini menunjukan bahwa apa yang dilakukan manusia terjadi di masa lampau.

4. Thomas Carlyle

Thomas Carlyle berpendapat bahwa, sejarah merupakan peristiwa masa lampau yang mempelajari biografi orang-orang yang dikenal. Mereka merupakan penyelamat pada masanya dan termasuk orang-orang besar dan berpengaruh yang pernah dicatat sebagai peletak dasar sejarah.

5. Menurut Muhammad Yamin

Muhammad Yamin juga memberikan pendapatnya tentang pengertian sejarah. Menurut Muhammad Yamin Sejarah adalah ilmu yang pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan bahan kenyataan.

6. Mohammad Ali

Menurut Mohammad Ali, sejarah merupakan keseluruhan perubahan dan kejadian-kejadian yang benar-benar telah terjadi.

Itulah beberapa pengertian menurut para ahli. Yang pada intinya sejarah merupakan peristiwa yang telah terjadi dengan berdasarkan penyidikan melalui sumber-sumber sejarah.

Kesimpulan

Dari beberapa istilah di atas, pengertian sejarah tidak jauh berbeda dengan istilah-istilah diatas. Pada intinya istilah-istilah di atas merupakan cerita yang terjadi di masa lampau. Ada beberapa point yang dapat disimpulkan terkait dengan sejarah.

  1. Sejarah merupakan kisah nyata.
  2. Sejarah adalah masa yang terjadi di masa lampau.
  3. Sejarah harus sesuai atau berdasarkan sumber dan bukti-bukti yang ada.

Dari point-point di atas, dapat kita pahami bahwa pengertian sejarah adalah kisah atau cerita nyata yang terjadi di masa lampau berdasarkan bukti-bukti sejarah untuk menjamin bahwa sejarah itu nyata adanya.